HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Sejarah Pengadilan Negeri

page

Sejarah Pengadilan

Di halaman ini dijelaskan mengenai sejarah Pengadilan Negeri Kebumen                                                                                                                                                        

Indeks Artikel

SEJARAH PENGADILAN NEGERI KEBUMEN

Pengadilan Negeri Kebumen bersama-sama Pengadilan Agama Kebumen merupakan lembaga penyelenggara kekuasaan Negara di bidang Yudikatif/kekuasaan kehakiman di wilayah Kabupaten Kebumen. Kedudukannya sejajar dengan penyelenggara kekuasaan Negara di bidang Eksekutif dan bidang Legislatif.

Sejarah berdirinya Pengadilan Negeri Kebumen tentu tidak lepas dari lembaga yang menaunginya yaitu Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang berkedudukan di Semarang dan Mahkamah Agung Republik Indonesia, sebagai pemegang kekuasaan kehakiman yang tertinggi, bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi.

Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yang berkedudukan di Semarang didirikan dengan mendasarkan kepada Undang-undang Darurat Nomor 7 Tahun 1959 tentang Pembentukan Pengadilan Tinggi Jateng di Semarang dan Perubahan Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi di Surabaya dan Makassar, dimana salah satu wilayah hukumnya adalah Pengadilan Negeri Kebumen.

AWAL MULA GEDUNG PENGADILAN NEGERI KEBUMEN

Pada mulanya Pengadilan Negeri Kebumen menempati sebuah gedung yang berada di Kompleks Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen, di Jalan Pahlawan, Kabupaten Kebumen, kini dipergunakan sebagai Aula Sekretariat Daerah di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen.

Selanjutnya sejak tanggal 20 Februari 1986, Kantor Pengadilan Negeri Kebumen telah berpindah ke gedung baru yang terletak di Jalan Indrakila Nomor 15, Kabupaten Kebumen yang dipergunakan hingga sekarang. Peresmian penggunaan gedung baru dilakukan oleh Dr.Dimyati Hartono, S.H., yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman, Propinsi Jawa Tengah, dan Beliau pernah menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang serta pernah pula menjadi Anggota DPR Republik Indonesia.

Foto Persidangan Pengadilan Negeri Kebumen Tahun 1985

(Sumber : http://store.tempo.co)